Mengapa masker kertas kasa hanya boleh digunakan satu kali ?

Published November 23, 2012 by cingahputriiiii

Image

Pernakah anda bertanya-tanya  apakah bisa masker kertas kasa di pakai lebih dari sekali , atau bahkan berfikir untuk mencucinya setelah di pakai ?????

Mungkin banyak diantara kalian yang bahkan memakia masker kertas kasa berulang-ulang , mungkin setelah anda membaca artikel ini anda akan berfikir dua kali untuk melakaukanyana.

Di udara yang bebeas terdapat lebih dari 1800 mikroba yang berbeda-beda dan banyak diantara nya yang dapat menyebabkan penyakit bagi manusia . untuk melakukan pencegahan dewasa ini banyak orang memakai masker (Surgical mask) untuk menghindari dari bahanya polusi udara dan berbagai cara penularan penyakit contohnya influenza .masker berguna untuk penyaringan atau filtrasi bakteri atau partikel-partikel halus yang dapat berbahaya bagi kesehatan .

Masyarakat diimbau untuk jangan pernah menggunakan masker  (surgical mask) secara berulang, karena ribuan kuman dan partikel kotor menempel di masker tersebut. Masyarakat diimbau agar jangan pernah mencuci masker dan menggunakannya kembali.
“Surgical mask, harus diganti setiap hari. Karena penggunaannya di luar ruangan, sehingga banyak polutan, partikel, dan kuman yang menempel pada masker tersebut. Kalau tidak sering diganti, maka kuman dapat menempel lebih banyak, dan bertumbuh dengan cepat,” ujar Agus Dwi Susanto, Dokter Spesialis Paru dari RS Persahabatan, di Jakarta, Kamis (28/6).
Menurutnya, karena kuman bertumbuh semakin banyak, kuman menjadi menumpuk, dan beresiko masuk ke hidung. Banyaknya kuman yang menumpuk, dapat menyebabkan infeksi di saluran pernapasan.dr.Agus juga mengimbau agar jangan pernah mencuci surgical mask dengan alih-alih ingin melakukan penghematan. Menurutnya, mencuci justru akan merusak masker dan mengurangi kualitas filternya.

“Kalau dicuci, justru akan merusak filtrasinya. Bukannya makin sempit, justru pori-porinya semakin lebar.” ujar dr.Agus,

Ia menjelaskan, penggunaan surgical mask sebenarnya hanya berpengaruh sebesar 20 persen. Untuk tempat yang tercemar polusi sangat parah, masyarakat harus menggunakan masker khusus yang mampu menangkal kuman lebih baik, seperti N95. Namun begitu, Agus menungkapkan bahwa surgical mask sudah cukup sebagai awal upaya preventif menangkal kuman.

“Surgical mask bisa menangkal partikel yang berukuran lebih besar dari 10 mikron. Sedangkan, N95 bisa menangkal hingga 0,5 mikron. Jadi, kalau mau yang lebih bagus, pakailah yang terstandart, atau pakai yang surgical tetapi dengan dilapisi lagi.” ujar Agus.

Namun, Agus menjelaskan bahwa masker hanya mampu menangkal kuman dan partikel kecil. Akan tetapi, kandungan polutan berupa gas baik CO amaupun CO2 tidak dapat ditangkal. Karena itu, masyarakat tetap diimbau agar menghindari faktor-faktor polutan. (http://www.gatra.com/life-health/sehat/14800-masker-operasi-hanya-untuk-sekali-pakai-.html)

Jadi pada dasarnya penggunaan masker (surgical mask) membantu kita menangkal kuman dan partikel kecil  yang dapat menyebabkan penyakit namun apabila masker dipakai secara berulang-ulang akan terjadi penimbunan bakteri atau mikroba lainnya yang dapat terhirup dan membahayakan pemakai dapat menimbulkan infeksi saluran pernafasan dan gangguan pernafasan lainnya.  

Masihkah anda ingin memakai masker secara berulang ? choice is in your hands, so keep healthy guys 😀

Advertisements

93 comments on “Mengapa masker kertas kasa hanya boleh digunakan satu kali ?

  • adi kalau begitu, maker dicuci ga boleh di pakai berulang kali tidak bleh, bagaimana dengan masker kasa hasil daur ulang? apakah boleh? dan berbahaya tidak? hal ini karena jika orang yang selalu beraktivitas di luar atau di udara bebas dan banyak bakteri atau polusi untuk membeli masker diperlukan biaya lagi, (segi ekonomi), kalau bgtu dengan masker daur ulang bisantidak untuk menghndari bakteri?

    • sepengetahuan saya dan sudah saya coba cari referensi , tidak ada yang namanya masker daur ulang . harga eceran masker di luar hanya rp.1000., dan apabila beli satu kotak akan lebih murah lagi tentunya . apabila ingin lebih ekonomis coba saja menggunakan masker kain (scraft) yang penting di jaga kebersihannya ,setelah di pakai di cuci , tapi karna masker kain hanya dapat melindugi kita dari debu .

  • bagaimana dengan masker yang dijual dipasaran ngah? sekarang kan banyak tuh remaja yang menggunakan masker dengan gambar2 kartun, bahkan ada yang maskernya habis digunakan disimpan tanpa mencucinya terlebih dahulu, apakah juga menjadi tempat bersarangnya bakteri? trus kalau dicuci pori2nya juga akan mengecil tidak? n satu lagi sebenrnya lebih aman menggunakan masker atau tidak ? kan di rongga hidung kita sudah terdapat rambut-rambut yang berfungsi menyaring udara.

    • nah kalo masker yang berbahan kain hanya bisa menahan atau menangkal debu . masker yang telah digunakan pasti telah menangkal segala jenis mikroba yang ada di udara , tentunya jika di pakai berulang akan menimbun lebih banya bakteri .kalo yang berbahan kain tergantung dari bahan kain yang digunakan. ya betul, memang di rongga hidung sudah ada penyaring yaitu bulu2 hidung, namun pada saat sekarang ini polusi udara sudah sangat parah ,oleh karna itu penggunaan masker akan lebih membantu .

  • Cingah, mau nanya dong…kira – kira ada gak perbedaan penyakit yang akan ditimbulkan kalo kita memakai ataupun tidak memakai masker. Menimbang bahwa dengan menggunakan masker pun (jika tidak dicuci) akan sama – sama menyebarkan bakteri yang kemudian dapat terhirup oleh hidung kita. Nah, bagaimana tuh ?

  • ngeriiiii yah.. pantes ajja lklo praktikum mikrobiologi sering ada kontaminasi walau sudah menggunakan masker, ternyata pori masker kassa itu masih bisa dilewati bakteri.. oke artikel yang cukup menambah sedikit pengetahuan heheh 🙂

  • cingah muti mao tanya, emang pemakaian masker kasa ini boleh dalam waktu berapa lama? misalnya baru dipake buat naik motor dalam jarak yang dekat cuma 1 jam gitu terus kita cuci lagi pake sabun, gimana tuh? apakah sabun tidak bisa mengangkat kotoran dan bakterinya?

  • Artikel yang bagus cingah.. Setuju banget kalau memang masker kasa itu harus dipakai sekali saja. Karena menurut pengalaman pribadi juga, masker kasa itu apabila sudah dipakai dan terkena keringat akan menimbulkan noda pada bagian luar.

  • yaap bener banget cingah, pantesan aja yaa cing harga masker itu murah orang oake nya cuma skali pakai. tapi ya cing kan dibilang masker itu tebuat dari kain kasa, naaah apa campuran pembuatan itu hanya kain kasa? trus ada ga siih kain kasa kualitas rendah atau tinggi?berpengaruh ga?

  • artikel yang bagus cingah,,,,
    tapi na mau tanya, sebenarnya lebih baik menggunakan masker yang terbuat dari kertas kassa atau dari kain yang biasa di jual dipasaran,, seperti masker yang bergambar, dan yang lain sebagainya,,,,?

  • good articel cingah.. ternyata masker kasa bs menyaring bakteri.. apalagi kalo qt praktikum mikrobiologi harus pake masker kasa supaya media kultur murninya tidak terkontaminasi.

  • nice info, tapi pertanyaan saya justru menggunakan maseker itu terasa menyebalkan karena tetap saja udara kotor dari asap knalpot terhirup oleh kita…. Adakah yang bersedia membuat masker besi anti karat…. hehehe karena kita butuh udara sehat…

  • Yup, pemakaian masker hanya boleh satu kali agar zat-zat yang berbahaya yang menempel di masker tidak terakumulasi dan tidak terhirup oleh kita, dan masker tidak boleh dicuci agar pori-pori masker tidah berubah menjadi besar. tapi sudah ada belum yang dapat meemukan pembersih masker agar dapat dipakai kembali?

  • “Surgical mask, harus diganti setiap
    hari. Karena penggunaannya di luar
    ruangan, sehingga banyak polutan,
    partikel, dan kuman yang menempel
    pada masker tersebut” kutipan tsb kan katanya harus diganti setiap hari karna penggunaan diluar ruangan. tp gimana kl makenya pas dalem ruangan aja kayak kalo misalnya kita praktikum. itu msh bisa dipake apa enggak cing maskernya?

  • ya banyak masker kasa sekali pakai yang beredar di bis-bis.
    saya pernah beli masker sekali pakai, saat digunakan mengapa tercium seperti bahan kimia.
    apakah itu termasuk masker daur ulang?
    dan apakah berbahaya jika menggunakan masker tersebut?

  • Assalam cingah, hmm makasih yah atas infonya 🙂
    cingah dania mau tanya kn ada tuh masker2 yg dr bahan yg bisa di cuci sama kita, itu kira2 baik gak?? dan gak mungkin juga kn kl masker seperti itu sekali pakai..
    lalu seberapa efektifkah penggunaan masker ini dr pd masker kasa??
    makasihh 🙂

  • jaman sekarang itu napas harus disaring pake masker, bulu2 hidung udah ga ampuh lagi gara2 udara yg semakin kotor. semakin banyak yg menggunakan masker kertas kasa maka akan semakin besar global warming. apakah masker kain kasa yg telah digunakan dan menempal banyak mikroba ini dapat didaur ulang ?

  • materi yang bagus cing.. kita jadi tau mana yang lebih bagus digunakan masker sekali pakai atau masker yg bisa dicuci. oiya kan kalo beli masker sekali pakai biasanya ditumpuk dalam sebuah kardus gitu ya cing, apa itu tetep aman cing? kan bisa jadi itu maskernya udah lama disimpen dalem kardus itu

  • Good article saudari tri dewi putri 🙂
    saya ingin bertanya khan kita praktikum memakai masker kertas kasa tuh, apakah sebelum dipakai masker ini sudah benar2 steril? Jika iya tolong dijelaskan, jika tidak kenapa praktikum mikrobio harus memakai masker tersebut kenapa tidak menggunakan masker yang lain saja? terimakasih 🙂

  • Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: